fbpx

Hati-hati Memilih Developer Rumah Syariah

Dikala ini perumahan syariah lagi dalam masa permintaan yang besar. Sehingga Pengembang rumah mulai berpindah dari pembiayaan rumah dari Konvensional menjadi Syariah. Mulai dengan menggandeng Bank Syariah ataupun melaksanakan kredit secara langsung dengan konsumen.

Hati-Hati Memilih Developer Rumah Syariah
Developer Rumah Syariah

Tetapi dari banyaknya pengembang perumahan syariah banyak pula yang tidak amanah serta menimbulkan tidak dapat diserahterimakan rumah kepada konsumen. Hingga dalam memilah pengembang wajib secara hati- hati, hingga pertimbangan dalam memilihnya antaralain:

Legalitas serta Perizinan Developer Rumah Syariah

Buat jadi Pengembang Properti membutuhkan banyak sekali perizinan serta legalitas, antara lain:

  • Izin Prinsip, Izin ini dikeluarkan oleh Bappeda. Berisi tentang persetujuan prinsip kalau posisi yang pengembang ajukan disetujui buat dibentuk bangunan.
  • Izin Pemanfaatan Tanah, ialah ketentuan yang ada pada izin Prinsip
  • Izin Site Plan, Izin ini wajib dilampirkan bersama dengan izin prinsip. Diterbitkan oleh Dinas Kimpaswil( Permukiman, Prasarana, serta Fasilitas Daerah).
  • Izin Pell Banjir, Izin ini berkaitan dengan ketinggian tanah yang hendak dibentuk, tujuannya supaya wilayah tersebut leluasa banjir serta izin ini dikeluarkan oleh Dinas Kimpaswil
  • Izin Pengeringan, Izin ini dibutuhkan apabila posisi pembangunan rumah terletak di atas tanah bersertifikat sawah. Walaupun juga fisiknya telah kering serta digunakan buat perkangan, perihal ini senantiasa wajib dicoba. Pesan ini dikeluarkan oleh Dinas Pertanian.
  • Izin Ketinggian Bangunan, buat izin ini spesial apabila rumah didirikan dekat dengan lapangan terbang. Serta izin ini dikeluarkan oleh pengelola lapangan terbang.
  • Izin Mendirikan Bangunan( IMB), perihal ini ialah ujung dari proses panjang izin pengembang. Izin ini dikeluarkan oleh bermacam lembaga cocok dengan peraturan wilayah tiap- tiap. Dapat diberikan oleh Dinas Kimpraswil, Dinas Cipta Karya, dinas satu atap, apalagi kelurahan.

Status kepemilikan lahan

Status kepemilikan ini sangat berarti sebab dapat jadi sengketa pada waktu yang hendak tiba, apabila tidak berjaga- jaga dalam membeli rumah. Sertifikat Hak Kepunyaan ini berarti disebabkan,

Bagaikan Fakta Hak Milik

SHM ataupun Sertifikat Hak Kepunyaan, mempunyai peran yang sangat besar dimata hukum. Apabila kedepannya terdapat sengketa lahan ataupun rumah bisa dimenangkan dengan mempunyai SHM ini. Sertifikat Hak Kepunyaan pula tidak mempunyai batasan waktu buat pemakaian serta pengelolaanya. Sebaliknya buat Hak Guna, kita cuma dapat memakai tanah tersebut serta terdapat batas waktu buat memakainya. Ditambah lagi apabila waktunya sudah berakhir wajib diperpanjang.

Bisa Diwariskan

Dalam Pesan Hak Kepunyaan, mempunyai syarat kalau owner bisa memanfaat serta mengelola tanahnya hingga wafat dunia. Hendak namun walaupun juga wafat dunia, rumah dapat diwariskan kepada pakar waris cocok dengan UUPA( Undang- Undang Pokok Agraria). Jadi tidak butuh takut owner Sertifikat Hak Kepunyaan jatuh kepada orang lain, sebab otomatis dipunyai oleh pakar waris. Kecuali owner Sertifikat Hak Kepunyaan mewasiatkan rumah ataupun tanahnya dijual ataupun diwakafkan.

Menaikkan Nilai Jual

Walaupun juga posisi, future development serta sarana perumahan ataupun cluster jadi salah satu yang menaikkan nilai jual. Tetapi Sertifikat kepemilikan rumah bisa pula jadi nilai tambah. Sebab apabila mempunyai Sertifikat Hak Kepunyaan hingga apabila rumah dijual tidak butuh terdapat bayaran bonus. Sebaliknya apabila tanah ataupun rumah masih berstatus hak guna, hingga butuh terdapat bayaran kembali merubahnya jadi SHM.

Bisa digunakan Jadi Jaminan

Buat memperoleh pinjaman baik dari Bank Syariah ataupun juga Bank Konvensional umumnya membutuhkan surat- surat berharga, salah satunya merupakan Sertifikat Hak Kepunyaan. Umumnya dengan terdapatnya jaminan semacam SHM hingga proses kredit juga jadi lebih kilat dibanding dengan yang tidak memakai jaminan.

Track Record Developer

Dikala ini banyak sekali bermunculan developer- developer yang mengatasnamakan pengembang perumahan syariah dengan slogan- slogannya. Hendak namun semacam yang kita ketahui, sebagian kabar memberitakan perihal kurang baik mulai dari tidak terbentuknya serah- terima rumah apalagi hingga tidak dibentuk. Oleh karena itu jangan sempat tergiur dengan tawaran rumah murah serta lain- lain, yakinkan apabila membeli rumah dari pengembang baru Legalitas serta Izinnya lengkap. Alternatif yang lain kala membeli rumah dari pengembang baru merupakan yang pembayarannya bekerja sama dengan Bank Syariah.

Skema Pembayaran Developer Rumah Syariah

Buat skema pembayaran yang dicoba oleh pengembang syariah dikala ini merupakan konsumen mentransfer langsung duit ke pengembang tidak memakai media Bank, bagaikan penyedia Kredit Pemilikan Rumah( KPR). Buat Pengembang Syariah yang meyakinkan, umumnya menjadikan Booking Fee tercantum ke dalam Down Payment serta apabila terjalin pembatalan uangnya tidak hangus.

Rekomendasi Developer Rumah Syariah Amanah

Penulis dapat merekomendasikan DAV Property Syariah, sebagai Developer yang menyediakan rumah dengan pembayaran sesuai dengan Syariat Islam di Jabodetabek. DAV Property Syariah, telah menjadi developer di beberapa proyek yang tersebar di Jabodetabek sejak tahun 2017. Ada juga beberapa projek yang telah sold out dan menyisakan sedikit unit. DAV Property Syariah juga menjadi bagian dari pembangunan perumahan terbesar di Kota Bekasi, yaitu Grand Al Ihsan Premiere.

Selain produk propertynya DAV Property Syariah juga memiliki lini bisnis lain yaitu penjualan ecourse yang fokus pada peningkatan penjualan property. Mulai dari FB ADS, Google ADS, Template Design for Property dan Website for Property. Semua dirangkum dalam websitenya yaitu Ecourse DAV DIGI.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *