fbpx

Proyek Kereta Cepat Tetap Berjalan di Tengah Corona

Proyek Kereta Cepat Tetap Berjalan di Tengah Corona

Beberapa proyek strategis nasional seperti Tol Cisumdawu dan Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (JKT-BDG) masih terganjal oleh masalah pembebasan lahan. Dengan adanya Corona ini, apakah membuat pembebasan lahan akan molor?

Kereta cepat Jakarta – Bandung itu sendiri akan memiliki empat titik stasiun, tiga di antaranya berada di  wilayah Jawa Barat yakni Halim (Jakarta), Karawang (Jawa Barat), Walini (Jawa Barat), dan Tegalluar (Jawa Barat).

Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Sofyan Djalil mengatakan urusan pembebasan lahan di Tol Cisumdawu tetap berjalan.

Menurutnya, dengan adanya COVID-19 ini tidak akan membuat target pembebasan lahan menjadi mundur terlalu jauh. Untuk Kereta Cepat JKT-BDG juga dinilai pembebasan lahan sudah tidak menjadi masalah yang besar.

“Kita rapat dengan Menko Maritim dan Investasi (Luhut Binsar Pandjaitan) mengevaluasi segala macam, lancar semua karena semua pihak juga diundang. Sebelum rapat ini juga kita bahas masalah Kereta Cepat sesuai schedule. Yang kita bicarakan tadi masalah teknis, masalah target. Masalah tanah di kereta cepat itu tidak menjadi masalah yang signifikan lagi. Jadi saya tidak melihat ada penundaan yang signifikan sejauh ini,” ucapnya.

 

Sofyan menjelaskan, yang daerahnya tidak masuk zona merah COVID-19 proyek-proyek di lapangan tetap berjalan. Walaupun tetap mengikuti protokol kesehatan dan membatasi pekerja yang berada di lapangan.

 

“Jadi proyek-proyek yang dalam timeline itu terus berjalan. Kalau daerah-daerah yang tidak terlalu terpengaruh dengan COVID-19, kegiatan di lapangan juga masih berjalan,” ujarnya.

 Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan bahwa proyek kereta cepat Jakarta-Bandung akan mengalami penjadwalan ulang. Target yang dipatok akhir tahun 2021 akan mundur.

Luhut mengatakan saat ini pun proyek tidak banyak berjalan dan menunjukkan kemajuan yang signifikan. Pihaknya sendiri masih menghitung apakah akan ada perubahan anggaran dengan mundurnya target ini.

“Kereta Jakarta-Bandung memang perlu di-reschedule karena juga nggak banyak berjalan pekerjaannya. Pasti lah ditunda (targetnya). Tapi kalau overrun cost-nya lagi dihitung,” kata Luhut lewat video conference bareng wartawan.

“Kita nggak tahu juga. Kalau keadaan kita membaik lebih cepat. Lalu kalau pekerjanya dari China mau masuk sini juga, yang pasti harus protokol kesehatan juga,” kata Luhut.

“Yang jelas ya masih evaluasi lagi belum bisa cepat-cepat saya jawab,” ungkapnya.

Semoga proyek kereta cepat ini bisa terus berjalan dan beroperasi sesuai dengan tenggat waktu yang direncanakan. Proyek yang berada di koridor timur jakarta ini juga mudah diakses beberapa perumahan yang di kelola oleh Dav Property Syariah seperti Grand Al-ihsan Premier.

Dengan adanya kereta cepat akan memudahkan untuk berpergian keluar kota, seperti Bandung. Apalagi sedang direncakannya perpanjangan proyek kereta cepat ini menuju kota lain di timur pulau jawa yaitu Surabaya.

Pastinya Proyek Kereta Cepat ini akan menjadi harapan besar untuk membantu perkembangan perekonomian di pulau jawa, setelah pandemi Covid-19 ini berakhir.

(dikutip dari detik.com)

..

Hubungi Kami CS DAVPROSYAR (Teh Fatimah) : 0813-8785-6969

Klik link dibawah ini untuk melihat Project kami Se-JABODETABEK :
Jakarta

Bogor
Depok
Tangerang
Bekasi Kota
Bekasi Kabupaten

DAV PROPERTY SYARIAH
“Solusi Kepemilikan Property  In Syaa Allah Sesuai Syariat Islam”

Kita Sharing Bareng Yuk

Like, Comment & Share
Mau Tau Lebih Banyak Edukasi Bermanfaat ?
Follow :
Instagram :

@davprosyar_
@projectrumahsyariah
Facebook : Davprosyarofficial
Youtube : DAV Property Syariah

Keunggulan Properti Syariah, Hukum Barang Gadai, perumahan syariah, perumahan syariah bekasi, perumahan syariah bogor, perumahan syariah depok, perumahan syariah jabodetabek, perumahan syariah jakarta, perumahan syariah tangerang, rumah syariah bekasi, rumah syariah bogor, rumah syariah depok, rumah syariah jakarta, rumah syariah tangerang, rumah syariah. rumah syariah jabodetabek, rumah tanpa dp, rumah tanpa riba

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *